Form WhatsApp

Hasil Dan Mutu Produksi Karet Indonesia

shape image

Hasil Dan Mutu Produksi Karet Indonesia


Tetes – tetes getah pohon karet (Hevea brasiliensis) menjadi sangat berharga ketika teknologi mampu mengubahnya menjadi aneka barang industri. Berbagai Negara pun lalu mengusahakan karet sebagai tanaman perkebunan.Di Indonesia total luas perkebunan karet mencapai tiga juta hektar. Sayangnya perkebunan yang luas ini belum optimal produksinya dengan kata lain tidak memiliki pengaruh yang besar terhadap perkaretan dunia. Buktinya, Negara Malaysia dan Thailand dengan luas perkebunan yang lebih sempit mampu menyaingi produksi karet alam Indonesia. Bukan hanya dalam hal jumlah produksi tersaingi, tetapi juga menyangkut rendahnya mutu dan kualitas produksi karet alam Indonesia di pasaran dunia.
Indonesia pernah menguasai pasaran karet alam Internasional pada era pasca – Perang Dunia II. Waktu itu boleh dikatakan sebagian besar dipasok oleh Indonesia (sebagai produsen karet utama dunia). Sayangnya posisi tersebut tidak diikuti dengan langkah – langkah penunjang seperti :
pengelolaan kebun karet dikatakan kurang baik;
perluasan kebun karet kurang dilakukan;
peremajaan tanaman – tanaman karet tua hampir tak dipikirkan;
penyadapan yang berlebihan / teknik penyadapan;
situasi politik dalam negeri masih kurang stabil;
lembaga penelitian karet Malaysia berhasil  menemukan klon – klon baru yang memiliki  kemampuan produksi jauh di atas jenis – jenis  karet yang diusahakan di Indonesia;
kualitas sumber daya manusianya.
Harus diakui hasil dan mutu produksi karet alam Indonesia masih rendah. Sekiranya masih mengharapkan devisa terus mengalir dari tetes getah pohon karet maka peningkatan hasil dan mutu produksi harus dilakukan, bagaimana caranya? Itu semua tidak terlepas dari penanganan perkebunan karet, pengelolaan serta pengolahan yang baik. (BBPPTP)

Total Tayangan Halaman

Accordition

Comments

Slide Show

[5][Slide][slideshow][123]

Pabrikasi

[4][Pabrikasi][slider-2][Pabrikasi Crumb Rubber][Proses pengolahan remah karet dari bahan mentah sampai setengah jadi]

Popular Posts

PT. Kencana Rubberindo

Desa Gunung Kencana
Kec. Gunung kencana
Kab. Lebak, Prov. Banten

Contact Person:

HM. Syahril: 081806122899
Effendi: 08111805624
Pin BBM: 285553FB

© Copyright Kencana Rubberindo | Pabrik Karet Remah, Share By

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now