Form WhatsApp

Industri Pengolahan Karet

shape image

Industri Pengolahan Karet


Sebagai salah satu komoditi industri, produksi karet sangat tergantung pada teknologi dan manajemen yang diterapkan dalam sistem dan proses produksinya. Produk industri karet perlu disesuaikan dengan kebutuhan pasar yang senantiasa berubah. Status industri karet Indonesia akan berubah dari pemasok bahan mentah menjadi pemasok barang jadi atau setengah jadi yang bernilai tambah lebih tinggi dengan melakukan pengeolahan lebih lanjut dari hasil karet. Kesemuanya ini memerlukan dukungan teknologi industri yang lengkap, yang mana diperoleh melalui kegiatan penelitian dan pengembangan  teknologi yang dibutuhkan. Indonesia dalam hal ini telah memiliki lembaga penelitian karet yang menyediakan ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi di bidang perkaretan.
Karet merupakan komoditi ekspor yang mampu memberikan kontribusi di dalam
upaya peningkatan devisa Indonesia.

Melihat perkembangan baik dari segi konsumsi maupun produksi karet dunia, dalam tahun‐tahun mendatang dipastikan masih akan terus meningkat. Indonesia merupakan penghasil karet sekaligus sebagai salah satu basis manufaktur karet dunia. Tersedianya lahan yang luas memberikan peluang untuk menghasilkan karet alami yang lebih besar lagi dengan menambah areal perkebunan karet. Tetapi lebih utama dari itu, produksi karet alam bisa ditingkatkan dengan meningkatkan teknologi pengolahan karet untuk meningkatkan efisiensi, dengan demikian output (latex) yang dihasilkan dari input (getah) bisa lebih banyak dan menghasilkan material sisa yang semakin sedikit.

Meskipun pasar karet alam lebih sedikit dibanding dengan pasar karet sintetik, namun produksi maupun konsumsi karet alam masih cukup besar. Salah satu kelebihan dari karet alamantara lain dilihat dari segi kestabilan harganya yang tidak terpengaruh secara langsung oleh harga minyak dunia. Tidak demikian halnya dengan harga karet sintetik yang terkena dampak langsung oleh kenaikan harga minyak dunia yang terjadi belakangan ini. (Kemenperin)

Total Tayangan Halaman

Accordition

Comments

Slide Show

[5][Slide][slideshow][123]

Pabrikasi

[4][Pabrikasi][slider-2][Pabrikasi Crumb Rubber][Proses pengolahan remah karet dari bahan mentah sampai setengah jadi]

Popular Posts

PT. Kencana Rubberindo

Desa Gunung Kencana
Kec. Gunung kencana
Kab. Lebak, Prov. Banten

Contact Person:

HM. Syahril: 081806122899
Effendi: 08111805624
Pin BBM: 285553FB

© Copyright Kencana Rubberindo | Pabrik Karet Remah, Share By

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now